-->

Minggu, 11 April 2010

Al-Quran + Pemahamannya = Kebahagiaan

Al-Quran itu sebuah bacaan. Adalah pedoman seluruh umat manusia yang diberikan oleh Allah Swt. untuk memberikan kebahagian yang sejati. maka sejatilah seluruh umat manusia membacanya setiap hari agar mereka mengetahui batasan-batasan yang diberikan Allah sehingga manusia mendapatkan kebahagiannya yang hakiki.

Kita semua tahu bahwa al-Quran itu berbahasa arab. Sebagian besar Umat Manusia di Indonesia belum mengerti betul dengan kosa-kata bahasa Arab. Terlepas mengapa Allah memilih bahasa manusia yang banyak, ternyata Allah telah menurunkan al-Quran sebagai wakil dari bahasa-Nya di dunia ini, Ia memilihnya dengan Bahasa Arab.

Umumnya sebuah bahasa manusia, bahasa merupakan wakil dari sebuah realitas kehidupan yang ada di dunia. Bahasa takkan terlepas dari pengaruh budaya, adat istiadat dan lingkungan dari pengguna bahasa. Begitu halnya bahasa Arab, sedikit banyaknya ia terpengaruhi maknanya oleh orang Arab sendiri, walaupun pada konteks keagaamaan ada beberapa kosa kata yang berubah makna dari asalnya. Namun, konsentrasi maknanya tidak banyak berubah, sebab Allah menginginkan agar Umat Manusia memahami dan menerima al-Quran dengan mudah.

Pada kondisi inilah yang akan menyulitkan Umat Manusia di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Ketika kita ingin memahami al-Quran yang berbahasa Arab, sering penulis menemukan kata-kata yang terdapat dalam al-Quran berubah banyak ketika dialih bahasakan ke bahasa kita atau ke bahasa selain bahasa Arab. Sebab seringkali kita menyamakan budaya kita dengan budaya Arab. Maka pemahaman tentang Al-Quran juga akan berubah.

Dasar pemikiran inilah, yang mendorong Penulis untuk berbagi pemahaman tentang isi al-Quran. Yang mudah-mudahan pemahaman ini, merupakan apa yang diinginkan Allah Swt. dan dapat menjadi pencerahan bagi Umat Manusia di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar